Kabupaten Tangerang (MKnews)-Pemuda Karang Taruna Desa Kebun Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, berinovasi membangun bank sampah secara mandiri.

Bank sampah tersebut bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan dapat memberikan nilai ekonomis pada sampah agar bisa dimanfaatkan untuk operasional pengelola bank sampah.

Sampah organik yang terkumpul nantinya akan dibuat kompos untuk pupuk pepohonan buah, sayuran dan lain-lain. Dan bagi sampah non organik, masyarakat dapat menerima manfaat dari hasil penjualan sampah tersebut.

Baca Juga  Kapolda Banten Pimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam

Pembangunan bank sampah tersebut diapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang.

“Atas nama Dinas saya haturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna Desa Kebun Cau Teluknaga dengan inovasi membentuk bank sampah,” ujar Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik.

Sampah itu sendiri relatif habis dari sumber sampah sesuai amanah UU 18/2008 tentang pengelolaan sampah.

Baca Juga  Kapolda Banten Lepas Pendistribusian Baksos dan Vaksinasi Massal Alumni Akpol Polda Banten

“Kami akan support untuk kelancarannya, semoga dapat dijadikan contoh oleh Karang Taruna atau para pemuda dari Kecamatan lainnya. Tetap semangat dan semoga sukses teman-teman Karang Taruna Desa Kebun Cau,” tuturnya.

Diketahui, bank sampah telah diresmikan langsung oleh Kepala Desa Kebon Cau, Ahmad Nur, di Kampung Alang Besar RT 20 RW 06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (hms/red).

Baca Juga  SMSI dan Polres Tanah Karo Penanaman Pohon di Desa Batukarang Kecamatan Payung

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *