Tangsel (MKnews)-Prajurit Yonarhanud 1 Kostrad ikut andil dalam kegitan donor darah yang diselenggarakan oleh IKA UB (Ikatan Alumni Universitas Brawijaya) bekerja sama dengan PMI yang bertempt di Gelora Bung Karno Gd Parkiran Elevated B, Jakarta.

Kegiatan donor darah ini dihadiri sekaligus dibuka oleh mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI.

Darah merupakan cairan yang terdapat di dalam pembuluh darah yang memiliki fungsi mengatur keseimbangan asam dan basa,mentransportasikan O2, karbohidrat, dan metabolit, mengatur suhu tubuh dengan cara konduksi atau hantaran, membawa panas tubuh dari pusat produksi panas (hepar dan otot) untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

Baca Juga  Dari Luar Kota, Jangan Langsung Ke Rumah. Wajib Swab Antigen dulu di PPKM Mikro

“Darah adalah hal yang penting dalam tubuh. Berdasarkan perhitungan internasional, dibutuhkan 2% kantong darah pada populasi di sebuah negara. Pada saat pandemi ini, sangatlah dibutuhkan kantong darah, terlebih di Jakarta, dibutuhkan 1000 kantong darah per hari. Dengan di adakannya Donor Darah IKA UB sangatlah membantu kebutuhan darah saat ini”, ujar Dida Sarkan, Ketua Pelaksana IKA UB.

Baca Juga  Polsek Cilegon Sambangi Kampung Siaga Covid-19

Kegiatan donor diikuti oleh 50 prajurit Yonarhanud 1 Kostrad, ini merupakan bentuk kepedulian TNI-AD kepada warga masyarakat di tengah era pandemi Covid – 19 ini.

Besar harapan dalam kegiatan ini dapat menggugah empati masyarakat dan prajurit khusunya di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mendonorkan darahnya, karena mendonorkan darah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan saat pandemi, bisa dilakukan dengan aman.

Baca Juga  Diet yang Benar Jaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi, Pilih Makanan Sehat dan Aktif Bergerak

“Terima kasih dan penghargaan untuk IKA UB, rekan-rekan dari TNI dan seluruh pendonor karena telah ikut berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan donor darah ini”, tutup Ketua pelaksana donor darah diakhir kegiatan.(her/red

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *