Serang (MKnews)-Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten, Rahmat Rogianto mengaku optimis pembangunan Banten International Stadium (BIS) dapat selesai tepat waktu. Berdasarkan informasi, proyek pembangunan Stadion, dengan nilai kontrak sebesar Rp874 miliar ini, dikerjakan selama 17 bulan, sejak Juli 2020 hingga akhir tahun 2021 ini.

 Menurut Rahmat, pada dengan minggu ke-64 (11-17 Oktober) ini, perkembangan pembangunan BIS telah mencapai 79,161%. Sedangkan, dalam rencana kerja, kata Rahmat, pada minggu ke-64 pembangunan direncanakan mencapai 77,595%. “Artinya pada minggu ini pekerjaannya telah melebihi target perencanaan, dengan deviasi 1,566%,” jelasnya.

Baca Juga  IPW Apresiasi Kapolda Banten Fasilitasi Para Disabilitas Berolahraga

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan bahwa peresmian BIS akan dilakukan pada Mei 2022 mendatang. “Insya Allah pembangunan stadion bertaraf internasional akan saya resmikan Mei nanti. Kita ingin menggaungkan bahwa Banten punya stadion Ia melanjutkan, pembangunan Banten Internasional Stadium mestinya rampung akhir tahun ini. Namun lantaran pandemi Covid-19 dan batalnya pinjaman daerah ke PT SMI tahap II, anggaran pembangunan stadion dilanjutkan ke tahun anggaran 2022. “Pembangunan Stadion ini mendapat dukungan luas dari publik. Semangat yang dibangun bahwa Pemprov Banten mampu punya stadion yang megah,” tuturnya.

Baca Juga  Perwira Asal Buleleng Terpilih Sebagai Ketua Perkemi Banten

Saat ini, tambah WH, proses pembangunan Banten Internasional Stadium sudah di atas 74 persen. “Pembangunan stadion ini juga mendapatkan dukungan dari semua pihak khususnya DPRD Banten dan KPK. Karena stadion ini nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat Banten,” tegasnya.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan agar Pemprov Banten bekerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan stadion bertaraf internasional tersebut. Hal itu disampaikan Direktur Koordinasi Wilayah (Korwil) II Deputi Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK), Yudhiawan, saat berkunjung ke lokasi pembangunan stadion untuk melaksanakan pengecekan. “Kami melaksanakan pengecekan ke stadion ini, Alhamdulillah berjalan lancar,” katanya.

Baca Juga  Agus Sutisna Buka Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Pandeglang

Ia melanjutkan, KPK ikut mengawasi supaya anggaran yang sudah dikeluarkan oleh negara yang digunakan untuk sarana olahraga dapat di pergunakan sebaik-baiknya dan nanti akan berguna untuk kepentingan masyarakat. “Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari tindak pidana korupsi. Saya hanya  berharap berjalan lancar dan masyarakat bisa segera memanfaatkannya,” tegas Yudhiawan. (Wan/red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *