Tangsel (MKnews)- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan normalisasi di sejumlah kali, salahsatunya Kali Ciputat. Ini dilakukan sebagai langkah pemerintah daerah mengantisipasi banjir, mengingat musim penghujan sudah datang.

Untuk diketahui, Kali Ciputat ini membelah wilayah Ciputat di Kota Tangsel. Di mana hilirnya dari Perumahan Nuri Bintaro dan hulunya di Perumahan Ciputat Baru, Kecamatan Ciputat.

Baca Juga  LESTARIKAN BAHAN PANGAN LOKAL, BABINSA BANTU WARGANYA MENGOLAH SAGU

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan mengatakan kondisi eksisting Kali Ciputat ini memang sudah mulai terjadi sedimentasi dan berlumpur. Padahal, pada 2020 lalu pihaknya juga melakukan langkah serupa.

“Tahun 2020 lalu dilakukan normalisasi juga. Kita dapat laporan dari warga, normalisasi yang dilakukan berdampak positif. Di mana genangan yang terjadi semakin berkurang, yang juga mengurangi durasi waktu genangan,” kata Aries menjelaskan, Selasa (26/10).

Baca Juga  Wabup Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kalimaya 2020

Aries menargetkan normalisasi Kali Ciputat rampung dalam tempo dua pekan. Di mana pelaksanaannya sudah mulai dilakukan pada Senin, 25 Oktober 2021 kemarin.

“Kami sudah melakukan koordinasi juga dengan warga untuk menurunkan alat berat di lokasi normalisasi,” Aries menambahkan.

Ia menilai, normalisasi Kali Ciputat penting dilakukan. Ini mengingat kawasan Perumahan Ciputat Baru yang dilintasi Kali Ciputat merupakan daerah cekungan, atau tempat tampungan air dari sejumlah wilayah.

Baca Juga  BMKG Perkirakan Curah Hujan Akan Turun Pada Oktober, Warga Diimbau Waspada

“Tujuannya jelas, untuk meminimalisir banjir yang terjadi di sepanjang Kali Ciputat. Untuk saat ini, kami juga sedang menyiapkan rencana serupa di sejumlah kali. Sekarang masih dalam tahap persiapan,” tandasnya. (*)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *