Tangsel (MKnews)-Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kominfo berhasil sabet penghargaan Top Government Public Relation (GPR) Award 2021, acara yang digelar oleh GPR Institute berkolaborasi dengan SuaraPemerintah.ID, Jakarta.

Penyerahan penghargaan dilangsungkan secara virtual melalui e-A warding Ceremony Top Government Public Relations Institute Award 2021 pada Kamis 11 November 2021. Dihadiri puluhan peserta dari berbagai pranata humas pemerintah pusat dan daerah di seluruh Indonesia.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan khusus kepada institusi humas Lembaga negara , Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dinilai sukses meningkatkan aktivitas kehumasan di ranah digital, dan unggul dalam menyampaikan citra positif kelembagaan.

Penganugerahan penghargaan diterima oleh Irfan Santoso, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Dan Kehumasan, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Tangerang Selatan melalui Virtual.

“Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Tangsel sebagai penerima TOP GPR Award 2021. Atas penghargaan ini menjadi motivasi untuk kami, dalam meningkatkan kinerja kehumasan Kota Tangsel agar menjadi lebih baik lagi,” ucap Irfan Santoso, melalui virtual, Kamis(11/11/21).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan Ahmad Eko Nursanto sangat  mengapresiasi atas pencapaian kinerja Diskominfo Tangsel dengan meraih penghargaan TOP GPR Award 2021.

Baca Juga  Euforia Kemenangan Tak Perlu Sampai Turun ke Jalan, Azis Syamsuddin: Wabah Belum Berakhir

“Selamat kepada Pemkot Tangsel dengan diraihnya penghargaan TOP GPR Award 2021 oleh Dinas Kominfo, ini merupakan bukti nyata kinerja Kominfo dalam memberikan transfaransi informasi dengan mempublikasi di media dan websitenya ke masyarakat, ini jadi kado HUT ke 13 Tangsel,” ujarnya Eko.

Sekedar informasi, Kota Tangerang Selatan merupakan daerah otonom terbentuk pada akhir tahun 2008 berdasarkan Undang-undang Nomor 51 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan kini di bawah kepemimpinan Benyamin Davnie sebagai Wali Kota dan Pilar Saga Ichsan sebagai Wakil Wali Kota Tangerang Selatan untuk periode 2021-2025. dengan visi, terwujudnya Tangsel Unggul Menuju Kota Lestari, Saling Terkoneksi, Efektif, dan Efisien.

Di era perkembangan teknologi digital Pemkot Tangsel selalu beradaptasi dengan menggunakan berbagai sarana teknologi untuk membangun komunikasi dan informasi dengan masyarakat publik.

Berdasarkan hasil penilaian TOP GPR Index 2021, ada lebih dari 29 ribu ulasan Pemkot Tangsel di internet dan dicari oleh rata-rata 800an pengguna internet setiap bulannya.

Di berbagai media online, Pemkot Tangsel telah diberitakan sebanyak 3600 kali dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Pemkot Tangsel juga telah memiliki media website aktif dan dikunjungi oleh rata-rata lebih dari 70 ribu visitor setiap bulan.

Baca Juga  Kisruh Kerja Sama Sawit Dengan PTPN V Riau, KSP Minta Dukungan SMSI

Untuk diketahui proses penilain untuk mendapatkan penghargaan TOP GPR Award 2021, dengan menseleksi media komunikasi digital pemerintahan pusat dan daerah di seluruh Indonesia yang lolos, dari 34 provinsi hanya 20 provinsi dinilai lolos dalam penilaian ajang Top GPR Award. Untuk di level Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, dari penilaian 514 Pemda Kabupaten dan Kota, hanya terpilih 150. Pada level Kementerian, dari 34 Kementerian terpilih 23 Kementerian.

Selanjutnya, 12 Lembaga Negara non kementerian lolos penilaian ajang Top Government Public Relations (GPR) Award 2021. Semua itu mengacu pada tiga parameter penilaian yakni, Digital Awareness Aspect, Digital Media & Website Aspect, dan Social Media Aspect Untuk kategori Kementerian, Lembaga Negara dan Pemerintah Provinsi serta Digital Awareness Aspect, Digital Media & Media Sentiment Aspect dan Website Aspect yang memenuhi  dua kriteria penilaian akhir, yaitu:

1. Pemberitaan positif dalam 5 halaman mesin pencari pertama dengan angka dominasi minimal 80 persen pemberitaan positif.

2. Total Final Skor minimal 70 poin atau lebih.

Berikut di bawah ini deretan instansi pemerintah peraih penghargaan TOP GPR Award 2021:

1. Pemkot Ambon, penghargaan diterima Walikota Ambon, Bapak Richard Louhenapessy SH

Baca Juga  HPN 2021, Menteri Sosial Puji SMSI Bangun Peradaban

2. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), penghargaan diterima Koordinator Humas, Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri, KKP, Ibu Desri Yanti, S.St.Pi , M.Sc

3. Kementerian Pertanian RI, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, penghargaan diterima Bapak Kuntoro Boga Andri

4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, penghargaan diterima Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Ibu Nuruning Septarida.

5. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, penghargaan diterima Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ibu R. Rhina Anita E.M

6. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, penghargaan diterima Plt. Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Cecep Rukendi S.Sos, MBA

7. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, penghargaan diterima Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan, Bapak Haryo Limanseto

8. Pemerintah Provinsi Bengkulu, penghargaan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Bapak Jaduliwan, M.M.

9. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, penghargaan diterima Bpk H. Achmad Rizwan S,STP. MM selaku Kepala dinas Diskominfo Pemprov Sumatra

10. Pemerintah Kota Tangerang Selatan, penghargaan diterima Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kominfo Kota Tangsel, Bapak Irfan Santoso S.Sos.M.M. (rls/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *