21, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Bupati Zaki Paparkan Program Desa Wisata Ketapang

 Kabupaten Tangerang (MK)- Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar paparkan program Desa Wisata Ketapang Mauk melalui video conference untuk usulan DAK dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera). Video conference tersebut berlangsung di Ruang Cituis, Lantai 5 Gedung Setda Kabupaten Tangerang.

Bupati Zaki mengatakan, DAK tersebut dialokasikan khusus untuk sektor air minum dan sanitasi serta penanganan perumahan. Saat ini Kab. Tangerang sudah berada di posisi 16 besar dari 48 daerah dan disaring menjadi 33 dan sekarang masuk di 16 dan nanti terpilihnya itu antara 5 sampai dengan 10 daerah.

“Harapannya, dengan saya sendiri yang langsung mempresentasikan kepada Kementerian dan instansi terkait, kita bisa masuk 5 sampai 10 besar yang nantinya bisa mendapatkan DAK dari Pusat,” Katanya.

Zaki menjabarkan, bahwa pihaknya memilih Ketapang menjadi lokus pembangunannya, karena untuk melanjutkan program yang sudah ada dan tinggal dilanjutkan dan itu lebih kepada zona wisatanya serta pemberdayaan masyarakat, dan tahap duanya kita fokus kepada infrastruktur pendukung ekonomi yang merupakan pelabuhan pasar ikan.

“Harapannya, di tahun 2021 ini kita fokus kepada penanganan rumah tidak layak huninya, sanitasi dan air bersih, jadi kalau rumah tidak layak huninya tertangani, artinya 2021 itu wajah Ketapang itu berubah drastis dari yang tadinya kumuh menjadi lebih baik,” Harap Zaki.

Menurut Zaki, jadi arah dari DAK yang sedang dikirim proposalnya ini lebih kepada pelaksanaan perumahan sanitasi. Faktor itu bermasalah, masih banyak rumah tidak layak huni, sanitasi yang bermasalah, dan air minum ini juga masih menjadi persoalan dan itu yang kita tuntaskan di Ketapang melalui DAK.

Semantara itu, Andie Pramudita dari Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) KemenPUPR mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi proposal usulan dari Pemerintah Kab. Tangerang yang sudah begitu jelas dan komprehensif dalam isi paparan dan penyampaiannya oleh Bupati Tangerang.

“Apa yang sudah dipaparkan oleh Pak Bupati sangat jelas, dan kita sama-sama berdoa saja apa yang diharapkan oleh Pemerintah Kab. Tangerang bisa terwujud dan bisa masuk ke tahap selanjutnya,” katanya. (hms/red)