25, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Cegah Penyebaran Covid-19, PGR Lakukan Rapid Tes

Tangsel (MK)-Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,  Paguyuban Graha Raya (PGR)  melakukan  rapid tes kepada sejumlah warga yang tinggal di kawasan perumahan Graha Raya dan sekitarnya, Sabtu (2/5).

Ketua Paguyuban Graha Raya (PGR), Rekno Riyanto yang juga Ketua RW Cluster Fedora mengungkapkan, tes cepat ini dilakukan untuk memutus sekaligus memastikan tidak ada seorangpun warga terpapar Covid-19.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan sebagai pelaksana Puskesmas Paku Alam Kecamatan Serpong Utara. “Kami libatkan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan untuk melakukan tes massal kepada warga Graha Raya,” katanya.

Setelah pengujian, Riyanto menegaskan bahwa tidak ditemukan seorangpun dari warga Graha Raya dan sekitarnya yang mengikuti tes cepat itu dinyatakan positif Covid-19.

“Dari hasil deteksi dini yang kita lakukan, alhamdulillah, hasilnya semua negatif. Namun demikian kami terus mengimbau agar semuanya terus berperilaku hidup sehat, menghindari kerumunan dan selalu menggunakan masker sebagai langkah antisipasi menjaga diri,” tuturnya.

Rapid tes yang diselenggarakan di Klub Keluarga Graha Raya tersebut diikuti sekitar 70 orang, terdiri dari para penghuni kawasan Graha Raya maupun dari luar perumahan.

Menurut Ryanto, pihaknya terus mensosialisasikan warga masyarakat utuk hidup sehat, memakai masker dan mengikuti arahan pemerintah utuk jaga jarak dan melakukan penyemprotan disinpectan pada lingkungan komplek perumahan.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan yang telah membaru terlaksananya kegiatan rapis tes ini,” kata Riyanto.

Paguyuban Grahha Raya juga akan bekerjasama denga Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk melaksanakan rapit test drive true di Graha Raya pada tanggal 11,12 ,13 Mei dengan jumalah 1950 peserta.

Seperti diketahui, Paguyuban Graha Raya tidak hanya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, juga secara berkesinambungan melakukan pembagian sembako yang diperuntukan bagi warga yang terdampak mewabahnya virus corona ini.

Pada tahap pertama telah disalurkan paket sembako sebanyak 400 kantong terdiri dari beras, minyak goreng, gula dan mie instan.

“Bantuan itu didistribusikan dalam bentuk sembako, dan diberikan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan yang berada di sekitar kawasan Graha Raya,” ujar Riyanto.

Riyanto menjelaskan, sumber dana bantuan tersebut  berasal dari sumbangan para donatur yang ada di Graha Raya. Untuk diketahui Perumahan Graha Raya terdiri dari 32 Cluster yang tergabung dalam 22 Rukun Warga.

“ Wilayah Graha Raya masuk dalam 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Pakujaya dan Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, serta Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang,” katanya.

Bantuan itu merupakan wujud nyata kegotong-royongan warga perumahan Graha Raya dalam membantu sesama warga yang kurang mampu dalam menghadapi wabah Covid-19.

Untuk itu, Riyanto beserta pengurus lainnya mengucapkan banyak terima kasih kepada para Ketua RT RW dan para tokoh yang telah membantu menyisihkan rizkinya dalam aksi PGR Peduli.

Lebih lanjut, Riyanto mengungkapkan, keberadaan Paguyuban Graha Raya untuk mempererat silaturahmi antar sesama warga, juga sebagai penghubung antara warga GR dengan pihak pengembang maupun pihak pemerintah.

Oleh karena itu, pengurus Paguyuban Graha Raya mengharapkan agar warga perumahan  bisa saling berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, terutama yang terdampak secara ekonomi akibat wabah  Covid-19. (red)