29, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Pembagian BLTDD Taha I Kabupaten Wonogiri

Wonogiri (MK)-Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) merilis bahwa semua desa di Kabupaten Wonogiri telah seratus persen salurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLTDD) Tahap I, Senin (25/5) melalui akun instagramnya p3mdwonogiri.

Dikonfirmasi melalui aplikasi Pesan Singkat, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Zyqma Idatya Fitha menyatakan bahwa sesuai surat edaran Sekretaris Daerah Nomor 140/3016 Perihal Persiapan Penyaluran BLT-DD telah terlaksana di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

“Sebanyak 15.353 KK Penerima Manfaat tercatat telah menerima BLT-DD yang disalurkan di 25 kantor kecamatan serempak sebelum Lebaran dengan penerapan Protokol kesehatan yang ketat. Total anggaran yang disalurkan sebesar Rp9,207.600.000. Masing-masing KK menerima BLT sebesar Rp600.000 yang disalurkan melalui Virtual Account Bank Jateng oleh Bank Jateng, dan atau diterimakan langsung secara tunai oleh Desa bagi KK yang tidak memiliki NIK atau salah catat NIK,” kata Fitha.

Fitha menjelaskan bahwa ada beberapa kategori penerima manfaat pada BLT-DD ini, antara lain mereka yang termasuk dalam keluarga miskin non-PKH dan BPNT yang kehilangan mata pencaharian dan atau tidak terdata dan atau ada anggota keluarga yang sakit kronis atau menahun.

“Pendataan dilakukan melalui RT dan ditetapkan dengan musyawarah desa,” imbuhnya.

Terkait kendala yang dihadapi, Fitha menyebutkan bahwa ada beberapa desa yang alokasi dana desa tahap 1 sudah dilaksanakan sehingga tidak mencukupi untuk dilakukan penyaluran dan harus menunggu dana desa tahap 2. Selain itu, Fitha juga menyebutkan, ada beberapa kesalahan NIK dari desa, yakni bahwa yang bersangkutan yang diusulkan sebagai penerima manfaat memiliki NIK yang tidak sesuai dengan NIK terekam di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

 “Ke depannya kami sudah menghimbau kepada petugas administrasi desa agar data yang salah NIK kami minta untuk diperbaiki agar penyaluran BLT-DD tahap 2 tidak ada permasalahan lagi,” tuturnya. ( sumber: humas Pemkab Wonogiri/red).