26, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Ronda Malam 20 Orang Warga Bergilir Lakukan Penjagaan

Kota Tangerang, (MK) – Pentingnya pos keamanan lingkungan (Poskamling) dirasakan Rukun Warga 08 (RW 08) Kelurahan Karang tengah Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang.

Diungkapkan Ketua Lingkungan Rw 08 Rudi Walet, bahwa keberadaan pos kamling sarana untuk menciptakan situasi keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda. Juga menjadi ajang berkumpul bersama warga, menjadi wadah saling berbagi informasi dan komunikasi serta tali silahturrahim.

Dalam melaksanakan kesadaran yang diberikan kepada sebanyak 1500 kepala keluarga di lingkungan Rw 08 terbagi 3 Rt, yaitu Rt 01, Rt 02, dan Rt 03.

Penjagaan pos kamling di bagi sebanyak 20 orang para toko pemuda dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan para remaja atau kelompok, yang beranggotakan 5 sampai 6 orang per kelompok.

”Kita jaga ( Pos Kamling ) secara swadaya bergantian dengan seluruh warga, Permalam satu regu jaga sepanjang malam yang telah diberikan kewajiban secara terjadwal,” ujar Rudi Walet didampingi Ketua Koperasi sekaligus Ketua UMKM Karang tengan A. Nurul dan Ketua Rt 03 H. Syamlani. S.Ip.

Selanjutnya, senada dengan itu A. Nurul
berkomentar, dengan aktifnya Pos Kamling diperumahan Pahala persis dikawasan Jalan Raya Raden Saleh, Rw 08 Kelurahan Karang tengah. Diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya. Yang turut ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam.

“Kegiatan ronda malam ini sekaligus mendukung program Polri menjadikan masyarakat Polisi bagi dirinya sendiri,” sampainya.

Disisi lain tempat yang berbeda Mantan Lurah Karang tengah HM. Thabri Setia mengungkapkan. Bahwa pentingnya poskamling dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

“Adanya poskamling dan binaan dari Bhabinkamribmas dalam upaya menggiatkan kembali Ronda Malam. Dengan melibatkan masyarakat yang ada di Rw 08 dan lingkungan sekitar,
sehingga bisa diketahui kondisi dan problem di masyarakat,” ujar H. Thabri Setia tokoh masyarakat yang berpengaruh ini.

Selain itu untuk melakukan pengamanan swakarsa dengan adanya poskamling.
Pemberantasan peredaran minuman keras masih menjadi program prioritas karena pengonsumsian minuman keras diangggap sering menjadi pemicu tindakan kriminal dan mengganggu ketertiban umum.

“Kami juga mengajak masyarakat Karang tengah mengaktifkan kembali pos kamling/ ronda malam. Jika terjadi kasus krimininial, bisa langsung dilaporkan kepada polisi,” kata H.M. Thabri Setia, pada wartawan Bidiktangsel.com. Sabtu (2/5/2020).

“Ronda tidak hanya pada malam hari, tetapi juga siang hari. Saya meminta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan stakeholder lain para pemangku kepentingan, ikut memberi pemahaman kepada masyarakat terkait Covid 19 Virus Corona agar mengikuti anjuran pemerintah, menjaga kesehatan dan aturan PSBB tetap kondusif,” kata Thabri Setia yang didampingi tokoh agama dan juga Ketua DKM Masjid Madinah CBD Ciledug Ustd H. Abd. Rosyif, S.Ag.

PENULIS : EDWARD. AN.