31, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Masa Pandemik Tak Urungkan Niat Sekolah Raup Keuntungan dari Jual Seragam dan Buku

Tangsel (MKnews)-Penerimaan Siswa Baru dimasa pandemik tak urungkan niat sekolah untk raup keuntungan dari jual beli seragam dan buku.

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kota Tangerang Selatan, sejak Senin (13/7) sampai dengan Jumat (16/7) pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai, mengumpulkan orang tua siswa baru (kelas VII) untuk melakukan pembelian seragam dan buku.

“Pemanggilan dilaksankan secara bertahap. Satu hari dua kelas sepertinya, orang tuanya aja, terakhir kelas 7.9, ” ungkap salah seorang wali murid.

Ironinya pembelian buku dan seragam harus dilakukan di hari yg sama. Dengan membayar secara cash/tunai tidak boleh mencicil.

“Tadi langsung beli totalnya 2,6 an buku dan seragam. Untuk seragam kurang lebihnya 1,5 jt dan untuk buku pelajaranya 900 ribu sekian,” Jelasnya

Pembelian dilakukan di koperasi sekolah. Buku yg dibeli adalah buku diluar dari buku yang disediakan oleh pemerintah.

“Tadi mau ga mau beli kalau nggak takut anaknya nangis. Apalagi buku karena itu diwajibkan, bukunya ada yang beli dan ada yg dapat pinjaman dari perpustakaan, ” Tambah wali murid.

Tidak ada pilihan lain bagi orang tua selain mengikuti apa yang diminta oleh sekolah.

“Terpaksa duit yg ada udah dipakai aj dulu dari pada nanti gimana2 sama pihak sekolahny, pada hal harusnya bisa nanti2 kan masih daring tapi ya mau gimana sekolah mewajibkan beli seragam dan bukunya sekarang jug,” papar orang tua ditengah ketidakberdayaanya.

Hal ini memang ironi dan sangat memberatkan bagi sebagian besar orang tua. Apalagi ditengah wabah covid yang banyak membawa dampak bagi perekonomian banyak orang. Namun hal ini tidak menjadi pertimbangan pihak sekolah khususnya SMPN 4 Kota Tangsel. (Dmy/red)