25, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja

Permudah Pelayanan Masyarakat, Bapenda Berlakukan Mobil Pelayanan PBB Keliling

Kabupaten Tangerang (MKnews)-Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang terus mempermudah wajib Pajak yang akan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), untuk kesekian kalinya pelayanan mobil PBB keliling ke desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang dalam upaya menggenjot Penghasilan Asli daerah di sektor PBB.

“Kita melakukan pelayanan mobil PBB keliling ke desa-desa untuk menjemput bola, agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembayaran PBB disetiap pelosok desa sekaligus mensosialisasikan bagai mana manfaat membayar pajak,” ujar Soma Atmaja Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang, Kamis (20/08/2020).

Mobil Pajak Keliling Kabupaten Tangerang /ist

Pelayanan mobil PBB Keliling sudah kita berlakukan sejak april 2018, lanjut Soma Atmaja, tetapi untuk tahun 2020 kondisi Pandemi Corona atau disebut Covid-19 terus melanda diberbagai Negara termasuk Indonesia.

“Nah tentu saja kemudahan-kemudahan membayar pajak terus kita berikan kepada masyarakat agar kita bersama-sama membangun daerah kondisi ditengan Covid-19,” terangnya.

“ Potensi pajak daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan terus kita optimalkan, selain pajak-pajak yang lainnya untuk mendongkrak pembangunan dan menggerakan perekonomian di Kabupaten Tangerang,” tambah Soma.

Kabid PBB dan BPHTB Kabupaten Tangerang Dwi Candra Budiman

Seperti halnya Insentif Pajak di bulan Agustus, mulai dari penghapusan denda administrasi PBB P-2 100% terhadap seluruh masa pajak, Keringanan 100% ketetapan pajak terutang PBB P-2 khusus buku golongan 1, Pengurangan ketetapan pajak terutang PBB P-2 maksimal 30% ( berbasis pengajuan ), hingga Diskon 10% ketetapan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan.

Senada dikatakan Dwi Chandra Budiman, Kepala Bidang PBB dan BPHTB pada Bapenda Kabupaten Tangerang menjelaskan Pelayanan PBB keliling yang bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB), sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap ketaatan dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Kurun waktu tiga bulan kedepan, mobil operasional pelayanan PBB keliling akan terus ke desa dan kelurahan di 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Masyarakat Bayar Pajak Melalui Mobil Keliling yang disediakan Bapenda Kab. Tangerang/ist

“Selain menjemput bola, kita sudah memiliki inovasi pembayaran PBB, bisa melalui kantor-kantor Cabang Bank BJB di seluruh Indonesia, Gerai Alfamart dan Indomaret, ATM dan Kantor Pos di seluruh Indonesia dan tentunya di e-commer bukalapak tokopedia pun bisa, ” jelas pria yang akrab di sapa Dwi.

Pelayanan PBB keliling dilakukan hanya hari Selasa,Rabu dan Kamis setiapsatu minggu, dikarenakan untuk hari Sabtu, Minggu pihak bank BJB fokus membantu distribusi bansos Covid-19, kepada keluarga penerima manfaat yang terdampak Covid-19.

“ Pelayanan PBB keliling dilakukan tiga hari dalam satu minggu, Selasa, Rabu dan kamis telah terjadwal sesuai jam kerja. Untuk sabtu minggu Bank BJB memberikan pelayana Banos Covid-19,” ujar Dwi Chandra Budiman.

Kemudahan terus dirasakan oleh Warga Desa Mekarjaya Kecamatan Panongan, saat membayar pajar langsung menemui mobil operasional PBB dilokasi, mengatakan terimakasih atas pembebasan pajak buku 1 PBB yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang sehingga kemudahan-kemudahan ditengan pandemi Covid-19 meringankan masyarakat.

 “ Terimakasih kepada pak Zaki Bupati Tangerang, yang telah memberlakukan pembebasan pajak PBB untuk buku 1 yang meringankan beban masyarakay ditengan corona,” Ucap pria warga desa mekarjaya yang tidak mau disebutkan namanya. (adv)