20, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

Batalion Arhanud 1 Kostrad Ikuti Latbakjatrat 2020

Tangsel (MKnews)-Prajurit Yonarhanud 1/PBC/1 Kostrad lakukan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Terintegrasi merupakan sarana bagi kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) untuk menguji kemampuan alutsista dan meningkatkan profesionalisme Prajurit, khususnya Prajurit Yonarhanud 1/PBC/1 Kostrad  Kota Tangerang Selatan pada hari Selasa tanggal.(22/9).

Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM Putranto meyebutkan, dalam latihan yang digelar setiap tahun oleh Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) ini mencapai target dan sasaran yang di inginkan.

Latihan menembak senjata berat ini diselenggarakan di Lumajang Jawa Timur dan diikuti oleh seluruh Satuan Arhanud di seluruh Indonesia. “Kegiatan latihan ini untuk menguji seluruh jenis Alutsista yang dimiliki satuan Arhanud TNI AD, serta melihat profesionalisme Prajurit Arhanud dalam mengawaki Alusista tersebut,” ujarnya

Selanjutnya, Putranto menyampaikan bahwa uji tembak juga dilakukan terhadap rudal-rudal canggih dan berbagai jenis meriam yang dimiliki satuan Arhanud TNI AD di seluruh Indonesia. Rudal-rudal itu diantaranya Rudal Mistral (Atlas dan MPCV), Starstreak jenis Lightweight Multiple Launcher (LML) dan Multi Mission System (MMS).

“Baru kali ini kita bisa menembak malam, Satuan Arhanud yang ditunjuk untuk menembak malam, saya sangat bangga sekaligus salut, karena ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya alutsista kita bisa menembak malam” Kata Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto dengan bangga.  “Radar Arhanud sudah bisa mendeteksi hingga 250 km, ini hal yang luar biasa sehingga dalam operasi nantinya akan terintegrasi dibawah Kohanudnas,” ujarnya.

Selain rudal-rudal tersebut, Pussenarhanud Kodiklatad juga melaksanakan uji tembak terhadap beberapa meriam Arhanud seperti kaliber 57 mm, 40 mm/L70, 20 mm Rheinmetal, dan 23 mm/Zur. Dalam latihan ini juga melibatkan sekitar 700 prajurit sebagai pelaku dan pendukung.

Diakhir Latihan Komandan Yonarhanud 1/PBC/1 Kostrad berbicara “Saya sangat bangga dua tim kita bisa menembak hancur sasaran udara menggunakan Senjata berat MPCV dan ATLAS saya sangat berterimakasih dan bangga satuan kita bisa membuktikan yang terbaik di ajang yang sangat bergengsi” tutupnya di akhir Latihan. (her/red)