26, Oktober, 2020

Media Kreasi News

Sarana Komunikasi Dan Informasi Masyarakat

SMAN 11 KABUPATEN TANGERANG, Sekolah Unggulan Peraih Prestasi

Kabupaten Tangerang (MKnews)-Sekolah SMAN 11 Kabupaten Tangerang di Kecamatan Sepatan sudah sejak beberapa tahun lalu mendapat predikat ‘Sekolah Unggulan’ di bidang perserta didik cerdas istimewa dengan lama pendidikan dua tahun.

Semula, sebelum membuka kelas bidang peserta didik cerdas istimewa, Drs H Junaedi, MM selaku Kepala Sekolah SMAN 11 Kabupaten Tangerang sedikit memiliki rasa keraguan, apakah akan mendapatkan peserta didik memiliki IQ (Intelegent Quotient) sesui harapan (tinggi). Tetapi setelah melakukan test IQ pda semua murid, mendapatkan 20 peserta didik cerdas istimewa.

Drs H Junaedi MM

Dikatakn H Junaedi, kini hampir semua peserta didik lama pendidikan dua tahun itu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Dan peserta didik tak terjaring program ‘Sekolah Unggulan’ itu terpicu oleh prestasi teman-teman mereka bisa masuk ke perguruan tinggi. Hingga mereka pun berlomba agar bisa masuk ke perguruan tinggi dengan cara rajin belajar, disiplin dan mematuhi segala bentuk peratusan di sekolah.

Begitupun dengan para orang tua peserta didik, pada akhir tahun pelajar selalu berbondong-bondong datang ke sekolah. Mereka mengungkapkan keinginan agar anak mereka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “ Prestasi ‘Sekolah Unggulan’ itulah mungkin memicu keinginan para orang tua peserta didik di Kecamatan sepatan Kabupaten Tangerang,” kata Drs H Junaedi.

Diakui H Junaedi, mengelola sekolah di daerah berpenduduk sebagian besar petani, pedagang dan buruh itu tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Perlu kerja keras penuh disiplin bagi pengelola peserta didik dan pendidikan di tingkat sekolah. Seperti, mematuhi ketentuanm dan peraturan pmerintah daraeh, provinsi mapun pusat (cq Menteri Pendidikan RI).

“Salah satu contoh, kita harus menerapkan program Gubernur Banten tentang sekolah gratis. Dimana pihak pengelola sekolah tidak boleh memungut uang SPP sepeser pun. Dan keputusan Gubernur Banten itu sudah kita laksanakan. Hingga semua peserta didik bisa sekolah dengan tenang, tanpa merepotkan orang tua mereka. Karena, sekolah sudah menerapkan program pendidikan gratis,” tegas H Junaedi.

Lanjut H Junaedi, kendati dana sekolah terbatas, namun tidak mengurangi para pengelola pendidikan untuk mengelola sekolah secara baik sesui dengan ketentuan dan segala peraturan, entah itu dibidang menejemen sekolah maupun dalam bidang program peningkatan prestasi peseta didik disegala bidang.

Dan semua itu sudah bisa dibuktikan dengan prestasi peserta didik, seperti jumlah lulusan sekolah masuk dan diterima di perguruan negeri maupun swasta tiap tahun terus meningkat.

Prestasi ekstrakurikuler peserta didik  dalam setiap perlombaan di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional selalu mendapat penghargaan terbaik (juara). Seperti di lomba Englis Debat Competion, Englis Sudent Assosiation.

Begitu juga dengan lomba baris berbaris, PMR, pramuka dan di bidang olahraga.

Para atlit olahraga takwondo dan panahan SMAN 11 Kabupaten Tangerang selalu menjadi andalan dan utusan Provinsi Banten disetiap perlombaan tingkat nasional. Karena, para atlit kedua jenis cabang olahraga itu ditingkat provinsi telah memperlihatkan prestasi maksimal. Para atlit itu selalu sabet penghargaan tertinggi (juara 1) di tingkat provinsi.

Perolehan segudang prestasi SMAN 11 Kabupaten Tangerang tersebut diperoleh dari pmbinaan maksimal para guru dibidang masing-masing. Disamping kemauan keras dan disiplin sang murid itulah memiliki andil besar dalam setiap lomba untuk mendapatkan prestasi membanggakan.

Kendati demikian para pengelola sekolah tidak pernah akan puas oleh prestasi tersebut. Mereka akan terus berusaha dan kerja untuk lebih memunculkan prestasi tersebut.

Seperti portal diluncurkan sekolah ini “ Portal Pendidikan SMAN 11 Kabupaten Tangerang” dan ‘Fitur Sahabat”. Portal pendidikan itu berisi informasi sekolah berbasis/program paperless (dekomen tanpa kertas), peroses pemebalajaran, ulangan harian, penilaian engah semester (PTS), penilain akhir semester (PTS dan ujian sekolah berbasis elektronik. Semua itu dapat diakses melalui android dan laptop.

Pengumunan kelulusan, data kehadiran serta nilai hasil belajar dapat secara elektonik, juga penyimpanan data/dekomen siswa secara elektonik. Begitu juga dengan pendataan siswa dilakukan secara elektonik.

“Fitur Sahabat” akan memebrikan keterhubungan dengan teman-teman di seluruh Indonesia. “ Semua itu untuk memberikan layanan pendidikan bermutu dari SMAN 11 Kabupaten Tangerang-Banten untuk Indonesia,” tutup kepala sekolah kharismatik tersebut. (red)