HPN 2021
Iklan banner

Kabupaten Tangerang (MKnews)- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan Bank Sampah Sungai Cirarab (Banksasuci) dan Waste Trap Sungai Cirarab yang berlokasi di Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang. Rabu, (30/12/20).

Peresmian tersebut dilakukan di Bantaran Sungai Cirarab Kecamatan Sukadiri Kab. Tangerang. Ade Yunus selaku ketua Banksasuci Fondation mengatakan peresmian Bank Sampah Sungai Cirarab ini merupakan yang kelima yang dilakukan oleh Banksasuci Foundation.

“Selain Bank Sampah kami juga membangun waste trap yang digunakan untuk menjaring dan menahan laju sampah sampai ke hilir dengan bentang panjang 15 meter,” Kata Ade.

Baca Juga  Pramuka Diharapkan Jadi Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

Menurutnya nanti di Bank Sampah ini akan dilakukan pemilahan sampah sebelum akhirnya nanti sampah-sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi akan di buang ke tempat pembuangan sampah akhir.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan peresmian Banksasuci Cirarab bekerjasama dengan Banksasuci foundation, dan Sungai Cirarab ini tahap pertama yang dilakukan dan mudah-mudahan sesuai dari Banksasuci program ini bisa menjadi tempat edukasi dan penyebaran informasi mengenai tata cara pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga  Kedatangan Satgas Pamrahwan Maluku Utara Disambut Gembira

“Jangan sampai ke depan sampah itu numpuk dan dibuang di irigasi, sungai bahkan di tanah-tanah kosong dan ia berharap nantinya Banksasuci Sungai Cirarab  ini akan dijadikan sarana edukasi bagi masyarakat,” Ucap Bupati.

Diharapkan Banksasuci ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat tentang lingkungan dan diharapkan juga selain di Sungai Cirarab ini di sungai-sungai lain maupun irigasi di Kabupaten Tangerang bisa dilakukan hal serupa.

Baca Juga  Satbrimob Polda Banten, Evakuasi Warga Terdampak Banjir Cilegon

“Dengan gerak aksi nyata seperti ini kami sangat mendukung dan bukan saja di sungai cirarab tetapi di sungai-sungai lain termasuk saluran irigasi yang lain bisa dilakukan hal serupa untuk mengurangi sampah yang ada di sungai,” Katanya. (hms/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *