Serang (MKnews)-Dukung penuh percepatan pendaftaran tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Gubernur Banten Wahidin Halim lantik dan mengangkat sumpah Panitia Ajudikasi dan Satuan Tugas (Satgas) PTSL Tahun Anggaran 2021 se-Banten pada Kamis (21/1/2021).

Karena saat ini masih siaga pandemi covid-19, prosesi pelantikan dan pengangkatan sumpah dilaksanakan di Kantor Pendopo Lama Jl. Brigjen KH Syam’un dan diikuti secara daring oleh Panitia Ajudikasi serta Satgas PTSL dari kantor pertanahan dan kantor kelurahan/desa masing-masing.

Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL dilantik dan diangkat sumpahnya oleh Gubernur Banten berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Kantor Pertanahan. Sebanyak 18 Tim Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL yang dilantik terdiri dari Kantor Pertanahan Kabupaten Serang 6 tim, Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang 5 tim, Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak 5 tim, Kantor Pertanahan Kota Tangerang 1 tim dan Kantor Pertanahan Kota Cilegon 1 tim sedangkan Panitia Ajudikasi Kantor Pertanahan  Kabupaten Tangerang sebanyak 6 tim sudah dilantik dan Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan di tahun 2021 ini tidak memiliki target PTSL.

“Bahwa saya Wahidin Halim Gubernur Banten dengan ini secara resmi melantik Saudara/Saudari sebagai Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Satuan Tugas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap,” demikian Gubernur Banten memimpin pengucapan sumpah jabatan.

Setelah dilantik, seluruh Tim Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di masing-masing kantor pertanahan.

Ditemui setelah acara Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Andi Tenri Abeng menyampaikan, “Dari 4.697.218 bidang tanah yang ada di Provinsi Banten, sebanyak 1.379.974 bidang tanah belum terukur/terpetakan (29,37%) serta 1.808.582 bidang tanah (38,50%) yang belum bersertipikat. Bidang tanah tersebut akan diselesaikan sampai dengan tahun 2024. Hal tersebut merupakan pekerjaan besar. Untuk itu, perlu dukungan dari Kepala Daerah di Provinsi Banten beserta jajarannya,” ujarnya

Lebih lanjut Andi Tenri Abeng mengajak seluruh Panitia Ajudikasi dan Satgas yang baru saja dilantik untuk bersama-sama menyelesaikan tugas yang dimanahkan dan bersama-sama mewujudkan Banten Lengkap Tahun 2024. (wan/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *