SERANG (MKnews) – Pemerintah Provinsi Banten akan mulai menerapkan tarif progresif pada pajak kendaraan bermotor tahun ini. Pemerintah berharap masyarakat dapat memahami kebijakan ini.

Dijelaskan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, Opar Sochari, Tarif pajak progresif merupakan pajak bertingkat yang dibebankan kepada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor dengan jenis yang sama lebih dari satu. Misalkan memiliki sepeda motor  dua unit atau lebih, maka akan dikenakan pajak bertingkat saat pembayaran pajak dilakukan, ungkapnya. Kata dia, kebijakan pajak tersebut ditujukan untuk menerapkan keadilan dalam pengenaan pajak wilayah Banten. Dasar pengenaan pajak ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, ujarnya.

Selain itu, kata Opar, dengan pengenaan tarif progresif pajak kendaraan bermotor juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah. “Dengan penerapan pajak progresif, nantinya semakin besar tarif pkb dan akan terjadi kenaikan pendapatan,” katanya. Saat ini, kata Opar, tarif pajak kendaraan bermotor di Banten berlaku final mulai dari 2%-3,5%, untuk kendaraan kedua dan seterusnya jelasnya.

Ia melanjutkan, Bapenda tengah mematangkan sistem untuk mengecek data kepemilikan kendaraan bermotor berdasarkan Kartu tanda kependudukan. Melalui sistem itu, urainya, petugas akan langsung mengetahui jumlah kendaraan yang dimiliki pada nama dan alamat yg sama,” terangnya.

Lebih jauh Opar menyampaikan, bagi masyarakat yang tidak ingin terkena pajak progresif bisa melakukan langkah antisipasi seperti melakukan pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) jika sudah menjual kendaraannya. Dengan begitu, pemilik kendaraan tersebut tidak akan terkena pajak progresif jika nantinya membeli kendaraan baru lagi. Setiap kali kendaraan dijual langsung dilakukan pemblokiran STNK. Sehingga, saat akan membeli kendaraan baru dengan jenis yang sama pemilik kendaraan tidak akan terkena pajak progresif.(wan/red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *