Tangerang (MKnews)- Berawal dari laporan masyarakat yang kesal melihat pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang yang mengeluhkan tidak adanya petugas medis yang berjaga diruang Instalasi  Gawat Darurat (IGD) yang melayani pasien.

Berangkat dari hal itu, wartawan berinisiatif melakukan pengecekan di Ruang IGD RSUD Selasa (27/4/2021) sekira pukul 03.00 WIB dan terpantau tidak ada satu pun orang berjaga di Ruang IGD, sementara beberapa pasien membutuhkan pertolongan pertama menunggu didepan Ruang IGD. 

Salah seorang keluarga pasien yang enggan disebut namanya mengeluhkan dan menyayangkan pelayanan IGD RSUD Kota Tangerang tidak adanya satu pun dokter maupun perawat yang melayani pasien.

“Iya pak perawat dan dokternya tidak ada, padahal sedang ada yang membutuhkan pertolongan,” terangnya saat diminta keterangan.

Sementara, saat konfirmasi prihal terkait ke Kasubag Umum RSUD Kota Tangerang Susi Hartati membeberkan, bahwa pada saat itu team medisnya sedang melayani pasien lainya.

“Team medis kami sedang melayani pasien lain,” terangnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kegawatdaruratan Pasal 1 Huruf a berbunyi bahwa pelayanan kegawatdaruratan adalah tindakan medis yang dibutuhkan oleh pasien gawat darurat dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan.

Instalasi Gawat Darurat merupakan suatu unit pelayanan kegawatdaruratan di Rumah Sakit yang bertujuan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar dapat menyelamatkan nyawa pasien dan sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. (Heri/rd)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *