Pandeglang (MKnews)-Mahasiswa STISIP Banten Raya melakukan studi lapangan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Pandeglang, Senin (24/05/2021) pagi. Kegiatan tersebut bagian dari implementasi dari pembelajaran mata kuliah Birokrasi Pemerintah pada semester dua.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pandeglang, Joyce Irmawanti mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan mahasiswa STISIP Banten Raya ke MPP Pandeglang.

Kata dia, jika mahasiswa masih belajar secara teori, sementara di MPP Pandeglang sudah dan terus mengimplementasikan dari reformasi birokrasi. Maka pada kesempatan ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk menyumbangkan saran dan masukan agar ke depan pelayanan di MPP Pandeglang bisa semakin baik.

“MPP Pandeglang ini diresmikan pada 31 Agustus 2020 oleh Menpan dan RB, ini yang pertama di Banten dan ke 27 se-Indonesia. Saat ini kita memiliki 223 layanan dari 23 instansi, baik OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) maupun instansi vertikal maupun BUMN,” ujar Yoyce.

Baca Juga  SMAN 7 Tangsel Terima Kunjungan Anggota DPRD Banten

Ia menjelaskan, semangat pendirian MPP Pandeglang ini tidak lain adalah bagian dari upaya peningkatan pelayanan publik sesuai amanat pemerintah terkait reformasi birokrasi.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan, karena kami sadar mempertahankan itu lebih sulit daripada meraihnya,” kata wanita kelahiran Monokwari tahun 1974 ini.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan DPMPTSP Pandeglang, Eric Widaswara mengungkapkan, kedatangan mahasiswa STISIP Banten Raya ini adalah yang pertama dari kalangan kampus. Pihaknya merasa bangga bisa dijadikan lokasi untuk studi lapangan terkait birokrasi pemerintah.

“Jika nanti ada adik-adik mahasiswa yang mau melakukan penelitian, kami sangat terbuka dan akan kami siapkan data yang dibutuhkan. Karena tentu dengan adanya penelitian bisa menjadi salah satu bahan evaluasi bagi kami,” ungkap Eric.

Baca Juga  BRI Peduli Bantu Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Barkah dan Dhuha Islamic School

Dikatakannya, MPP Pandeglang terus melakukan inovasi pelayanan terhadap publik, salah satunya MPP Mobile untuk menjangkau masyarakat di wilayah selatan.

“Kami harap adik-adik mahasiswa ini bisa menjadi duta untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait pelayanan yang di MPP Pandeglang. Selain itu kami juga meminta masukan, mungkin perlu ada inovasi lain yang harus kami lakukan agar pelayanan semakin baik,” pungkasnya.

Ari Supriadi, dosen STISIP Banten Raya, mengungkapkan, studi lapangan ini bertujuan untuk melihat praktik reformasi birokrasi di instansi pemerintah. Nantinya mahasiswa diharapkan mampu membandingkan antara teori yang diperoleh di kelas dengan implementasi di lapangan.

Baca Juga  Serah Terima Jabatan Kepsek SMA Negeri 7 Tangsel

“Kita tahu jika MPP Pandeglang ini merupakan salah satu best practice implementasi reformasi birokrasi pemerintah. Saya harap dengan studi lapangan ini rekan-rekan mahasiswa bisa mendapatkan ilmu baru, tidak hanya secara teoritis tetapi juga praktiknya di lapangan,” ungkap pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

Kepala DPMPTSP Pandeglang, Ida Novaida mengharapkan, dukungan dari dunia kampus terhadap MPP Pandeglang dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, mahasiswa juga diharapkan ke depan bisa menjadikan MPP Pandeglang ini sebagai lokasi penelitian.

“Mudah-mudahan ini juga bisa dijadikan bahan bagi adik-adik mahasiswa untuk melakukan penelitian. Karena dengan adanya penelitian, kami akan banyak mendapat masukan sebagai bahan evaluasi agar semakin baik lagi,” tandasnya. (wb/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *