Ilaga (MKnews)- Bertempat di wilayah Ilaga Kompleks, Distrik Ilaga, Kab.Puncak dilaksanakan kegiatan peninjauan lokasi/tempat rencana program pembangunan Gereja dari Kodam XVII/Cenderawasih di Wilayah Ilaga Kab.Puncak oleh Letkol Inf Rofi Irwansyah S.IP., M.Si (Dandim 1714/PJ) beserta rombongan. Rabu 26 Mei 2021

Adapun turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :

Mayor Inf Gusnawan K (Pabung Satgas Apter Kodim Persiapan Puncak), Mayor Inf Tatang (Danramil 1714-03/Ilaga), Pdt Manase Labene (Ketua FKUB Kab. Puncak), Pdt Michael Dandirwalu (Kepala Departemen Agama Kab. Puncak) dan Pdt Beni Kulua (Tokoh Agama Gereja Kingmi Jemaat Emaut Klasis Ilaga).

Setelah Letkol Inf Rofi Irwansyah S.IP., M.Si (Dandim 1714/PJ) beserta rombongan tiba di lokasi/tempat yang rencana akan dilaksanakan pembangunan Gereja di Jalan Amole, Kampung Pancoran, Distrik Ilaga selanjutnya melaksanakan peninjauan lokasi.

Penyampaian dari Pdt. Beni Kulua (Tokoh agama Gereja Kingmi Jemaat Emaut Klasis Ilaga) antara lain  sbb:

1). Kami bersyukur kepada Tuhan YME karena telah mendengar doa kami untuk mempunyai Gereja yang dipakai beribadah untuk masyarakat yang beragama Nasrani di wilayah Ilaga, Distrik Ilaga dan Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Kodam XVII/Cenderawasih yang telah memperhatikan masyarakat umat Nasrani yang ada disini dengan membantu pembangunan gereja.

Baca Juga  Pastikan Aman, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Lakukan Patroli

2). Para Jemaat Emaut Klasis Ilaga juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dandim 1714/PJ yang menjadi perantara program bantuan pembangunan gereja dari Kodam XVII/Cenderawasih yang telah diberikan kepada kami, nantinya jemaat kami tidak akan lagi beribadah di gereja sementara.

Penyampaian dari Letkol Inf Rofi Irwansyah S.IP., M.Si (Dandim 1714/PJ) yang sebagai berikut :

1) Saya mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih dan Danrem 173/PVB datang ke tempat lokasi ini untuk melihat lokasi/tempat yang rencana akan kami bangun Gereja untuk masyarakat sesuai dengan program bantuan dari Kodam XVII/Cenderawasih.

2) Sebelumnya kami sudah melaksanakan rapat internal dengan pimpinan kami terkait program bantuan pembangunan Gereja dari Kodam XVII/Cenderawasih di jajaran Wilayah Kodim 1714/PJ yang berada di Kab. Puncak serta Kab. Puncak Jaya dan kami sepakat untuk memberikan bantuan pembangunan gereja dilaksanakan di Kab. Puncak.

3) Saya berharap kepada Bpk. Pdt. Beni Kulua apabila nanti pembangunan gereja sudah berjalan agar menyampaikan kepada para jemaat Emaut Klasis Ilaga untuk membantu kami dan mendukung mengamankan proses pembangunan gereja.

4) Semoga dengan adanya bantuan pembangunan Gereja dari Kodam XVII/Cenderawasih di wilayah Ilaga, Kab.Puncak ini dapat membawa kedamaian dan kerukunan antar umat beragama di wilayah Kab.Puncak.

Baca Juga  BABINSA KORAMIL 1705-01/NABIRE MONITORING DAN PENGAMANAN VAKSINASI NAKES TAHAP KE 2

Sedangkan penyampaian dari Pdt Michael Dandirwalu (Kepala Departemen Agama Kab Puncak) sbb:

1). Saya sebagai Kepala Kementrian Agama di Kab. Puncak mewakili seluruh umat beragama yang ada di wilayah Kab. Puncak mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodam XVII/Cenderawasi yang diwakili oleh Bapak Dandim 1714/PJ karena telah memilih Kab. Puncak untuk di berikan bantuan pembangunan Gereja.

2). Setelah Bapak Dandim 1714/PJ berkoordinasi dengan kami untuk menyiapkan tempat/lokasi yang akan diberikan bantuan pembangunan gereja, saya bersama  Ketua FKUB Kab. Puncak melaksanakan survei dilapangkan serta sepakat untuk memilih Gereja Kingmi Jemaat Emaut Klasis Ilaga yang berhak menerima bantuan pembangunan gereja dikarenakan saat ini jemaat masih beribadah di Gereja sementara dan kami sudah melaporkan langsung kepada Bapak Dandim 1714/PJ.

3). Seharusnya kami dari Kementerian Agama Kab Puncak yang membangun Gereja Kingmi Jemaat Emaut Klasis Ilaga tetapi kami diberikan Bantuan pembangunan Gereja oleh Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih melalui Bapak Danrem 173/PVB dan Bapak Dandim 1714/PJ dengan ini Jemaat Emaut menerima dengan baik dan mengucapkan banyak terima kasih.

4). Kami berharap kepada Bapak Pendeta untuk menyampaikan kepada para jemaat agar membantu Bapak-Bapak TNI yang rencana akan membangun Gereja disini baik dalam pengamanan maupun pelaksanaan proses pembangunan.

Baca Juga  YONIF RAIDER 500/SIKATAN RAYAKAN NATAL BERSAMA WARGA PEDALAMAN PAPUA

Tanggapan dari Pdt. Manase Labene (Ketua FKUB Kab. Puncak) yang intinya sbb:

1) Saya mewakili kerukunan Umat beragama mengucapkan banyak terima kasih karena Kodam XVII/Cenderawasih melalui Bapak Dandim 1714/PJ telah melihat kami dengan hati dengan memberikan bantuan pembangunan Gereja di Wilayah Ilaga Kab.Puncak.

2) Dengan bantuan rencana pembangunan Gereja yang telah diberikan ini kita harus berfikir secara Positif bukan Negatif terhadap TNI karena berkat Bapak-Bapak TNI selain mengamankan daerah ini juga memberikan bantuan kepada masyarakat dan terbukti perhatian dari Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih kepada kami masyarakat yang ada di Ilaga, Kab.Punca telah diberikan bantuan pembangunan Gereja.

Setelah dilaksanakan peninjauan lokasi/tempat untuk rencana pembangunan Gereja Kingmi Jemaat Emaut Klasis Ilaga di Distrik Ilaga, Kab.Puncak yang telah diberikan bantuan dari Kodam XVII/Cenderawasih sementara untuk proses pelaksanaan dimulainya pembangunan gereja belum dipastikan/ditentukan dan Letkol Inf Rofi Irwansyah S.IP., M.Si (Dandim 1714/PJ) menunggu petunjuk dari Pimpinan Komando Atas. Dalam Pelaksanaan Kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (rls/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *