Kota Serang (MKnews)- Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) merupakan suatu program yang banyak di rasakan oleh petani pemakai air, salah satunya untuk meningkatkan produktipitas padi, terang Mujino Kepala Kelurahan Terumbu Kasemen Kota Serang di ruang kerjanya belum lama ini.

Melihat letak wilayah di Kelurahan Terumbu dimana luas area sawah mencapai hampit 500 Ha produktif, yang artinya sawah tersebut di airi oleh air irigasi. Dengan adanya program P3TGAI ini banyak sekali manfaat yang di rasakan oleh para petani khususnya d Kelurahan Terumbu dan umumnya Se Indonesia, dimana saluran tersier sudah rapih, sambungnya.

Baca Juga  Pangdam Jaya dan Bupati Zaki Panen Raya Buah Melon

“Dari total 500 Ha area pesawahan, kurang lebih 40 persen saluran tersier di Kelurahan Terumbu telah terbangun. Dan saya berharap kepada Balai Besar Cidanau dapat terus memplot P3A di kelurahan Terumbu yang saat ini berjumlah 12 P3A”, ucapnya.

Sementara itu di tempat terpisah Drs. Humaedi Kusumanegara ketua P3A Kusuma Tani mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yaitu Kementerian PUPR melalui BBWSC-3 Banten yang telah memprogramkan P3TGAI untuk membangun dan meningkatkan jaringan irigasi”, ucapnya.

Baca Juga  BAZNAS Terima Zakat Mal Pemberian Sekda

Dengan di bangunnya jaringan irigasi ini sangat membantu kebutuhan air bagi petani, karena kebocoran air akibat rembesan membatu ketersediaan air yang cukup bagi petani. Selain itu dengan adanya program P3TGAI ini juga tercipta adanya pemberdayaan bagi petani, di saat pendemi ini, sambungnya. (Yan/red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *