Kabupaten Tangerang (MKnews)-Demi pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Tangerang, Pemkab Tangerang melalui Dinas Perikanan dan Dinas kesehatan (Dinkes) gelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang bertempat di Aula Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (18/6/2021).

Gemarikan merupakan kegiatan yang mengimbau masyarakat, bahwa protein yang terkandung pada ikan mampu mencegah potensi stunting apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga manfaatnya dirasakan oleh ibu dan janinnya.

Baca Juga  30 Tahun Pengabdian, Alumni Akpol 91 Gelar Vaksinasi dan Baksos di Lebak

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr. Sri Indriyani menjelaskan, bahwa program Gemarikan adalah salah satu program Pemerintah dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Tangerang.

“Hari ini kami ke wilayah Kecamatan Teluknaga, dimana ada 3 desa lokus stunting yaitu Desa Lemo, Tanjung Pasir dan Tegal angus di Kecamatan Teluknaga yang merupakan desa lokus stunting 2020/2021,” jelasnya.

Baca Juga  Seluruh Pasukan Pengamanan Yang Diterjunkan Negatif Covid-19

Adapun kegiatan gemarikan hari ini meliputi edukasi manfaat makan ikan dan penyerahan paket produk olahan ikan. Asupan ikan ini penting karena merupakan sumber gizi yang mendukung pertumbuhan janin hingga Masa 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

“Diharapkan melalui kegiatan ini yaitu pencegahan dan penanganan stunting di Teluknaga dapat terbebas dari stunting terkhusus di 3 desa lokus tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Kecamatan Teluknaga, Usen, berterimakasih kepada Dinas perikanan dan Dinas Kesehatan dengan adanya kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk percepatan penanganan stunting yang ada di 3 desa kecamatan Teluknaga.

Baca Juga  Angka Kematian Covid-19 Meningkat, Pemkot Tangsel Batasi Kerumunan Masyarakat

“Terimakasih kepada Dinas Kesehatan maupun Dinas Perikanan yang telah memberikan edukasi kepada masyarakat Teluknaga terkhusus untuk ibu hamil, sehingga kami berharap kecamatan teluk naga akan bebas dari stunting,” tutupnya. (hms/rizal)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *