Lebak (MKnews)-Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Lebak berkomitmen untuk untuk memberantas peredaran narkotika/narkoba. Lantaran, narkoba merupakan barang berbahaya yang harus diberantas sampai keakar akarnya. Hal tersebut dikatakan oleh Kapolres Lebak, AKBP Teddy Rayendra, melalui Kasat Narkoba, AKP Ilman Robiana, pada acara sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021.

Dikatakan Ilman, penyalahgunaan dan peredaran narkoba/narkotika ini penting untuk diberantas, karena merusak generasi muda yang merupakan penerus bangsa. Untuk itu kata Ilman, pihaknya mengajak kepada semua komponen masyarakat untuk bersama sama memberantas peredaran narkotika di Kabupaten Lebak.

Baca Juga  Gerakan Kemanusiaan Vaksinasi Massal: MENGKAPANYEKAN IMUNITAS TUBUH

“Kami fokus memberantas peredaran narkoba/narkotika di Kabupaten Lebak. Karena, akibatnya sangat membahayakan bagi generasi muda, kami gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat memahami ciri ciri penggunanya,”kata Ilman kepada wartawan.       

Keseriusan Polres Lebak dalam rangka memberantas peredaran narkoba kata Ilman, bisa dilihat dari data yang ada, dimana sepanjang tahun 2020, pihaknya telah membongkar kasus Sabu sebanyak 144.91 gr, Ganja 55,92 gr, serta obat obatan 83.455. Dari jumlah tersebut, Polres mengamankan tersangka sebanyak 114 orang dengan jumlah laporan sebanyak 86.

Sedangkan pada tahun 2021, periode bulan Januari-Juni, Ilman menuturkan, sebanyak 1.480,11 gr jumlah Sabu yang berhasil diamankan, Ganja nihil, dan obat obatan sebanyak 4.648 butir, dengan jumlah tersangka 34 orang, dan jumlah laporan sebanyak 26.

Baca Juga  Kapolresta Tangerang Dampingi Tim Supervisi Mabes Polri, Cek Posko PPKM Mikro

“Angka angka tersebut bukti jika kita sangat serius memberantas Narkoba. Kita tidak main main, kita juga menjelaskan konsekuensi hukum bagi pengguna dan pengedar Narkotika yang telah diatur dalam undang undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,”tutur Ilman.

Ilman mengajak masyarakat bersama sama dengan seluruh elemen untuk memerangi penyalahgunaan narkoba, waspada dan laporkan bila ada keluarganya yang terpapar narkoba. Langkah langkah yang harus ditempuh kata dia, adalah melakukan pendekatan pribadi, perkuat iman dan taat ibadah, melakukan diskusi terarah dan terbuka dengan keluarga.

Baca Juga  Kapolda Banten Himbau Prokes saat Pelaksanaan Vaksinasi Mahasiswa Cipayung Plus Banten

“Awasi tempat rawan dilingkungan tempat kita, susun penyebaran informasi tentang bahaya narkoba, kampanyekan secara aktif dan massif, yang terpenting informasikan kepada kami jika ada hal yang mencurigakan,”ucap Ilman lagi.

Nofi Agustina, penggiat anti Narkotika memberikan apresiasi terhadap langkah langkah yang dilakukan oleh Polres Lebak, pihaknya selaku penggiat akan selalu mendukung penuh pihak kepolisian,”Kita dukung, karena peredaran narkoba harus diberantas secara bersama sama,”kata Nofi.(mas/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *