Tangerang (MKnews)-Komunitas Saudagar Muslim (KSM) yang diinisiasi oleh Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orsat Pinang Kota Tangerang dilaunching secara resmi dalam webinar dengan tema “launching dan Bussiness Coaching” (7/7).

Dalam sambutannya ketua ICMI Orsat Pinang Rasyid Taufik menyampaikan, pentingnya pengusaha untuk menjalin silaturahmi dan melakukan sinergi bisnis untuk bisa bertahan dan tetap bertumbuh di masa pandemi.

“KSM didirikan di masa pandemi adalah wadah pengusaha muslim untuk silaturahmi, belajar, saling mendukung dan bersinergi sehingga bisa bertahan dan terus bertumbuh meski sedang mengalami pandemi. Kenyataannya banyak yang baru memulai bisnis, tidak tahu passion dan bagaimana mengembangkan bisnis yang sudah dirintis,” ujar Rasyid.

Baca Juga  Wali Kota Panen Sayuran Bersama Warga di Ecofarm Mekarsari

Untuk tahap awal KSM memulai dengan mengelola platform online yaitu grup whatsapp yang dijadikan media berjualan dan pendampingan usaha. Beberapa agenda yang akan dijalankan oleh KSM adalah pelatihan online/offline, konsultasi bisnis, konsultasi fiqh muamalah dan bussiness matching.

KSM beranggotakan 42 orang dengan latar belakang bisnis yang variatif antara lain bisnis parfum, sembako, properti, makanan dan minuman, pendidikan.

Baca Juga  SMSI Sumut Apresiasi Empati Gubsu terhadap Media di Tengah Pandemi

Sesi bussiness coaching menghadirkan Coach Ivan Rinaldy, VP Telkom Internasional yang juga seorang prakatisi dan coach bisnis. Dalam paparannya, Coach Ivan menyebutkan 5 jenis bisnis yang melejit di saat pandemi yaitu kebutuhan sembako, kesehatan, hobby, content creator dan motivator bisnis.

“ Dari 5 bisnis yang melejit di saat pandemi itu yang manakah yang merupakan passion kita. Setelah kita temukan passion lalu kita buat layer bisnis diataas dan dibawahnya. Saya contohkan orang yang passionnya mancing. Pemancing ikan tidak peduli dia dapat atau tidak karena menjadi pemancing adalah passionnya. Dari situ saja dia bisa mendapatkan cuan bisnis dari alat pancing, joran, umpan, tempat yang banyak ikan, mata kail dan lainnya. Artinya dia menjadi pemancing tersebut maka uang akan berdatangan dengan layer atas dan bawah tersebut,” papar pria yang telah mengkreasikan 81 jenis bisnis selama pandemi ini.

Baca Juga  Bangun Hotel Di Tangerang, JHL Group Usung Konsep Budaya Lokal

Untuk pendaftaran KSM bisa klik https://www.facebook.com/ICMI-Orsat-Pinang-Tangerang-102750662082517/. (red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *