Kabupaten Tangerang (MKnews)-Menjadi salah satu bagian dari program unggulan Tangerang MANTAP (Tangerang Mandiri Tahan Pangan), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang meluncurkan Program Smartfarm Academy: Eduwisata Agribisnis, yang bertempat di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa.

Kepala DPKP, Aziz Gunawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan realisasi pengembangan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan yang ada di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa. Program tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Permata Bank Syariah melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ).

Baca Juga  Menengok Pembangunan Huntab Di Kabupaten Pandeglang

“IZI kembali meluncurkan Program Smartfarm Academy: Eduwisata Agribisnis di Desa Emas Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Program tersebut juga termasuk dari program Tangerang Mandiri Tahan Pangan (Tangerang MANTAP),” ucap Kepala DPKP.

“Program Smartfarm Academy ini merupakan sebuah program pelatihan dan peningkatan wawasan pertanian serta memadukan peningkatan spiritual pesertanya. Terhitung ada 1.200 kelompok petani di Kabupaten Tangerang, harus terus kita dampingi dan kawal dengan program tahan pangan ini,” ujarnya.

Baca Juga  Sekda Tinjau RW 03 siaga Covid-19 di Kelurahan Mauk Timur

Kemudian ia juga berharap, mudah-mudahan dengan program tersebut nantinya DPKP dapat memberikan sesuatu yang dapat dibanggakan, yang bisa menyejahterakan masyarakat Kabupaten Tangerang secara umum.

Sementara itu, Kepala Desa Sodong, Doni Bambang Priangga menjelaskan bahwa melalui Program Smartfarm Eduwisata, lahan pertanian Desa Sodong dapat bermanfaat menjadi agriwisata.

“Dengan adanya program ini kami ingin lahan pertanian, selain agribisnis, juga dapat menjadi agriwisata dan mereka yang nanti berkunjung ke Desa Sodong selain bertani, mereka bisa juga bisa bereduwisata,” pungkasnya.

Baca Juga  Kapolda Banten Tinjau Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya di Cilegon

Ia juga menuturkan, kemitraan ini menjadi sebuah upaya kita untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang pertanian di Desa Sodong.

“Melalui kemitraan kami bekerjasama dengan IZI yang didukung oleh Permata Bank Syariah sehingga pengelolaan zakat dari Permata Bank Syariah nantinya dapat didonasikan kepada petani di Desa Sodong,” tuturnya. (hms/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *