Kabupaten Tangerang (MKnews)-Guna mendukung upaya pemenuhan hak dan perlindungan kepada anak, Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Forum Anak Kabupaten Tangerang menggelar seleksi Pemilihan Duta Anak 2021.

Kegiatan yang bertemakan “Anak Indonesia Bangga Berbudaya” tersebut bertempat di Aula Gemilang, Gedung Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Asep Jatmika Sutrisno menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pemenuhan lima klaster anak. Mengingat, Duta Anak ini merupakan salah satu indikator penilaian kabupaten/kota yang ramah dan layak anak.

Baca Juga  Polda Banten Bantu Dinkes Kawal Pendistribusian Vaksin Sinovac Ke Kabupaten/Kota

“Untuk peserta pemilihan Duta Anak ini diambil dari masing-masing kecamatan, totalnya ada 29 orang yang mewakili kecamatannya. Untuk 29 peserta ini kita seleksi lagi menjadi 6 peserta. Finalnya, dari 6 peserta tersebut nanti dipilih sebagai juara 1-3 lalu sisanya ditunjuk sebagai Duta Pendidikan, Duta Kebudayaan dan Duta Persahabatan,” ucapnya.

Dirinya melanjutkan, untuk indikator penilaian pada pemilihan ini kurang lebih menitikberatkan pada penguasaan public speaking, penguasaan materi tentang peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak, dan studi kasus tentang pemecahan masalah tentang kekerasan terhadap anak.

Baca Juga  Dukung Indonesia Menuju Industri 4.0, Taiwan Tawarkan Solusi Manufaktur Tekstil

Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua Forum Anak Kabupaten Tangerang, Achmad Fadhlilhuddin menjelaskan, Duta Anak ini diselenggarakan setiap tahunnya. Nantinya, juara 1 pada pemilihan Duta Anak ini akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi Banten.

“Peserta ini diuji tentang bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tentang kekerasan kepada anak, lalu nanti juga akan diuji kemampuan dalam berbicara di depan umum. Hal ini juga penting untuk dipersiapkan karena tugas utama seorang duta adalah untuk dapat menjadi tutor yang baik,” ujarnya.

Baca Juga  Airin Targetkan FKS Kembali Raih Swasti Saba Wistara

Ia pun berharap, untuk Duta Anak yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik, mengingat peran dari Duta Anak ini adalah sebagai pelopor dan pelapor bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Untuk Duta Anak yang terpilih, diharapkan dapat menjadi pelopor dan pelapor untuk anak-anak di Kabupaten Tangerang. Sehingga, nantinya dengan adanya duta anak ini bisa menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai kabupaten yang layak anak di tahun-tahun berikutnya,” tutupnya. (hms/red).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *