SERANG (MKnews)- Ada yang berbeda pada pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tingkat Kota Serang kali ini. Upacara yang dilaksanakan di lapangan Pusat Pemerintahan Kota Serang ini, terlihat lebih meriah dari biasanya, dengan adanya keterlibatan Korps Musik (Korsik) yang terdiri dari sejumlah anak-anak usia sekolah.
Usut punya usut, ternyata kelompok tersebut merupakan Korsik resmi bentukan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Korsik yang diberi nama Gita Satria Kaibon (GSK) ini berdiri bertepatan dengan Hari jadi Kota Serang. Dan ini merupakan penampilan perdana GSK dalam mengiringi kegiatan Pemkot Serang.
Disampaikan Ketua Umum GSK, Andriansyah A.H, merupakan Kelompok unit Unit Marching Band yang dibentuk oleh Pemkot Serang dengan misi pembinaan dan pengembangan kreativitas Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda Kota Serang pada bidang seni musik dan tari yang dikolaborasikan dalam satu pertunjukan. Ditambahkannya, GSK juga berupaya berperan aktif dalam memberikan motivasi kepada para pemuda untuk terus berkreasi dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, menggalang rasa persatuan dan kesatuan, serta terhindar dari kegiatan kenakalan remaja dan narkoba. “Selain itu, kita tentunya terus berusaha untuk menjadi salah satu alat promosi bagi Kota Serang,” ucap Andri.
Pemilihan nama GSK sendiri, lanjutnya, dilatarbelakangi sejarah Kesultanan Banten yang terletak di Kota Serang, dengan Keraton Kaibon-nya, yang merupakan keraton ke Dua di Banten Setelah Keraton Surosowan. Keraton Kaibon, jelas Andri, diambil dari kata “Keibuan” yang memiliki arti bersifat seperti ibu yang lemah lembut dan memiliki kasih sayang. “Dari nama ini, kami berharap GSK Drum Corps akan menjadi tempat lahirnya insan-insan marching band yang merajai berbagai ajang festival Marching Band di Banten, dan Indonesia serta Internasional,” pungkasnya.
Upacara HUT Kemedekaan Republik Indonesia ke-76 tingkat Kota Serang ini dihadiri oleh Kapolres Serang Kota, Dandim 0602/Serang, Wakil Walikota Serang, Kajari Serang, Ketua DPRD Kota Serang, Ketua pengadilan Negeri Serang, Para Purnawirawan, Kepala OPD se-Kota Serang. Para Pejuang, keluarga pejuang, para Veteran, Perintis kemerdekaan angkatan 45 Purnawirawan Wredathama dan Warakawuri, Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Mahasiswa, Pelajar, Kepala BPJS Kesehatan Serang, Ormas dan Organisasi Wanita, Tim Penggerak PKK, Dharmawanita, Pimpinan Ormas, OKP, LSM serta Undangan Lainnya.
Peringatan Upacara tahun ini sudah kali kedua berbeda dengan perayaan Hari Kemerdekaan sebelumnya. Karena, di masa pandemi Covid-19 ini upacara yang biasa digelar di Alun-alun Barat Kota Serang dialihkan di Puspemkot Serang dengan membatasi peserta upacara dan wajib memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak.
Bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Serang Syafrudin, komandan upacara AKP Badri Hasan, Perwira Upacara Kompol Agus Supriatno.(wan/red)

Baca Juga  Bagikan Ratusan Masker, Tim Jumat Barokah Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *