Jakarta ( MKnews)-Ditengah Pandemi saat ini yang berdampak langsung kepada sektor ekonomi, terutama pelaku UMKM, BRI tetap memiliki komitmen untuk tetap hadir ditengah masyarakat dan memberikan pelayanan terbaiknya.

Hal ini terbukti, meskipun dalam kondisi sulit yang diakibatkan oleh Pandemi, BRI tetap memberikan dukungan kepada pelaku UMKM bersama seluruh stakeholders, untuk terus berusaha menjaga roda perekonomian dengan melakukan pemberdayaan UMKM, baik melalui edukasi, pendampingan, pelatihan dan pembiayaan dengan penyaluran Kredit di Kanwil BRI Jakarta 3.

Nilai kredit yang disalurkan BRI sampai dengan Juli 2021, outstanding kredit Kanwil BRI Jakarta 3 sebesar 36,93 triliun yang terdiri dari segmen mikro, komersial, dan konsumer. Angka ini mengalami pertumbuhan 9,3% year on year dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga  Polres Pandeglang Bergerak Cepat, Amankan 16 Orang di duga Penganut Aliran Kepercayaan

Kredit Kanwil BRI Jakarta 3 ini terutama didominasi oleh kredit segmen mikro dengan besar outstanding 14,34 triliun atau 38,8% dari total kredit dengan jumlah debitur 448.447 debitur. Segmen mikro juga menjadi  sumber pertumbuhan kredit Kanwil BRI Jakarta 3 dimana kredit mikro tumbuh 17,9% year on year.

Berdasarkan Laporan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat total sampai dengan Juli 2021 sebesar 3,31 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 110.503. Penyaluran KUR ini disumbang terutama dari KUR segmen Mikro 2,58 triliun.

Baca Juga  Prof Moermahadi : IBIK Bogor Bertransformasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Negri

Penyaluran KUR yang dilakukan BRI sejalan dengan program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Lebih lanjut, jika dilihat per sektor usaha, penyaluran KUR sampai dengan Juli 2021 masih didominasi sektor perdagangan 1,866 triliun atau 56,3% dari total penyaluran KUR, diikuti sektor pertanian 647, 5 miliar atau 19,5% dari total penyaluran.

Pada pernyataan persnya, Pemimpin Wilayah Kanwil  BRI Jakarta 3, Sutadi mengatakan akan terus berkomitmen untuk menyalurkan KUR khususnya ke sektor produktif melalui pemberdayaan klaster dan kelompok usaha.

“Pengembangan klaster usaha dan kelompok usaha menjadi salah satu sumber pertumbuhan bisnis segmen mikro. Sampai dengan Juli, telah terbentuk 65 klaster usaha binaan yang tersebar di seluruh wilayah supervisi Kanwil BRI Jakarta 3,” ujar Sutadi

Baca Juga  Konstituen Perlu Punya Keterwakilan di Dewan Pers

Salah satu unggulan klaster adalah klaster ikan hias di daerah Ciseeng yang menjadi pusat perdagangan ikan hias terbesar di Indonesia, yang pemasarannya sudah sampai antar pulau bahkan luar negeri.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Kantor Wilayah BRI Jakarta 3 didukung oleh 36 Kantor Cabang, 55 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 260 BRI Unit dan 42 Kantor Kas (Rls/Red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *